Untuk mendapatkan tenaga Audit Internal yang berkualitas sebuah perusahaan akan membutuhkan jasa Qualified Internal Audit untuk membantunya. Lantas mengapa tenaga Audit Internal sangat dibutuhkan? Berikut alasannya.

Minimalisir risiko kerugian dalam perusahaan
Salah satu hal yang menyebabkan tenaga Audit Internal sangat dibutuhkan dalam perusahaan adalah karena keberadaan jasa Audit Internal dapat membantu meminimalisir risiko kerugian yang mungkin di alami oleh sebuah perusahaan. Salah satu tujuan diadakannya Audit Internal adalah untuk mendeteksi kemungkinan risiko kerugian sedini mungkin. Hal ini lah yang menyebabkan Audit Internal biasanya dilakukan sekali dalam setahun. Untuk perusahaan yang masih bersifat kecil, pelaksanaan Audit Internal terkadang dilakukan oleh pemiliknya sendiri. Hal ini karena pelaksanaan Audit Internal oleh diri sendiri memang masih sangat mungkin dilakukan. Pemilik perusahaan hanya perlu menyempatkan diri dan mencari waktu untuk melakukan kegiatan audit ini. Akan tetapi jika perusahaan sudah besar dan memiliki banyak cabang, maka akan sangat sulit jika Audit Internal dilakukan oleh pihak pemilik perusahaan sendiri sehingga diperlukan tenaga Audit Internal yang sudah dikualifikasi oleh badan Qualified Internal Audit untuk melakukan audit.

Mendeteksi terjadinya masalah
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Audit Internal merupakan tenaga yang dibentuk untuk mendeteksi kemungkinan risiko sedini mungkin. Kemungkinan kerugian yang dicari dalam Audit Internal ini adalah kemungkinan risiko yang disebabkan karena masalah-masalah yang ditemukan dalam proses audit.
Proses audit dilakukan dengan proses pencocokan data yang ada di kantor dan juga data yang ada di lapangan. Jika data tersebut cocok, maka tidak akan ditemukan masalah. Akan tetapi jika data yang ada di kantor tidak sama dengan lapangan, maka pihak Audit Internal akan meneliti lebih dalam untuk membuktikan temuan-temuan tersebut. Karena data yang ada di kantor memiliki jumlah yang cukup besar, maka tidak mungkin jika data satu persatu harus di cek. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga Qualified Internal Audit untuk memudahkan penemuan kasus-kasus yang mungkin merugikan perusahaan.

Mengatasi masalah lebih cepat
Semakin cepat masalah ditemukan, maka akan semakin cepat pula penyelesaian masalahnya bisa didapatkan bukan? Terkadang pada sebuah perusahaan ada cabang perusahaan yang kurang teliti untuk mengenali permasalahan, tapi ada juga yang secara sembunyi-sembunyi memendam masalah agar tidak ketahuan pihak yang lebih tinggi. Akibatnya meski ada masalah tidak akan ada solusi jika tidak ada jasa Audit Internal. Oleh karena itu, pihak Audit Internal sesungguhnya merupakan sebuah pihak yang dibuat secara mandiri sehingga dapat melakukan tugasnya dengan adil dan lurus. Karena kejujuran merupakan salah satu hal yang penting dalam bidang Audit Internal, maka jasa Qualified Internal Audit seperti DSQIA berusaha untuk ikut menjaga kejujuran dari Audit Internal dengan menerapkan kode etik untuk para Audit Internal yang mendapatkan sertifikat darinya.

Meningkatkan kerja yang lebih efisien
Sebuah masalah disebut juga hambatan. Hambatan untuk maju bagi sebuah perusahaan. Contohnya misal sebuah cabang dari perusahaan produksi memiliki konsumen yang sudah menunggak pembayaran hingga berbulan-bulan, maka pihak Audit Internal akan menemukannya sebagai temuan masalah. Ia akan menyelidiki dengan lebih mendetail mengenai masalah tersebut. Mengetahui penyebab pembayaran menunggak dan lain-lainnya. Dari masalah yang ditemukan akan ditemukan juga penyebabnya apakah memang pihak konsumen belum bisa membayar atau pembayaran di selewengkan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Setelah diketahui penyebab, maka tenaga Qualified Internal Auditor dapat memberikan laporan sehingga pihak berwenang dapat mengeluarkan solusi. Hal inilah yang membuat kinerjanya cabang menjadi lebih efisien.

Heru Sidik

About Heru Sidik

I am an accountant who also like to be a writer who helps auditors to expand their capability and competency. Currently I am working with "Dewan Sertifikasi QIA", to provide certifications on Qualified Internal Auditor. Before join DSQIA, I spent 23 years work at PT Telkomsel, and PT Telkom. In October 2018, I works as part-timer-volunteer for DSQIA, developing a better internal process, learning management system, and build Auditor's Collaboration Lounge, for everyone who like to learn about audit. I enjoys soft sport like swimming, jogging and biking. I also have my own small property rental business and a small farm house for private vacations. I am available for business consultant and writing projects, as well as private consultations. You can reach me at [email protected] or [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *